Senin, 15 Oktober 2007

Java

bahasa pemrograman yang dibuat oleh Sun Microsystems. Java berawal dari proyek OAK, yaitu proyek yang bertujuan untuk menciptakan bahasa pemrograman yang dapat berjalan di berbagai macam alat elektronik seperti pemutar video dan penerima siaran televisi kabel.

Akan tetapi perkembangan selanjutnya adalah animo untuk menciptakan bahasa pemrograman tersebut menurun sesuai dengan putusnya perjanjian kerjasama Sun Microsystems dengan beberapa vendor alat elektronik yang pada awalnya mendukung proyek OAK.

Selanjutnya Sun membentuk 1 tim terdiri dari 13 orang yang dikomandani oleh James Gosling untuk meneruskan proyek OAK dengan desain yang lebih baik. Akhirnya pada 23 Mei 1995, eksekutif Sun mengumumkan Java beserta beberapa contoh program sepeti HotJava (web browser) dan Duke (Applet).



  • Multiplatform, dapat berjalan di beberapa platform dengan prinsip "write once, run every where". Maksudnya adalah programmer cukup menulis program dan mengkompilasi 1 kali kemudian dapat menjalankan program tersebut di beberapa platform tanpa perubahan. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris.
  • OOP, apapun yang terdapat di Java adalah objek. Maksudnya adalah semua tipe data diturunkan dari kelas dasar Object.
  • Library Kelas Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library yang dapat dipergunakan oleh programmer untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan library ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat library-library baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.
  • Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak programmer C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna java sangat banyak, sebagian besar adalah programmer C++ yang pindah ke Java.
  • Garbage Collection, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga programmer tidak perlu melakukan pengaturan memori secara eksplisit.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

salam..
aku zemale.
mas.. kok semangat sekali membuat blog tentang biometrik dan pemrograman..? suka ya.. kalo emang faham. ana butuh bntuan ne.. ku pingin buat varifikasi Online dengan biometrik fingerprint dengan menggunakan bahasa pemrograman javascript clientside..!! mohon pencarahannya ya..!! mkasih..

 

blogger templates | Make Money Online