Kamis, 13 Desember 2007

Nikmatnya Industri Animasi…


Walt Disney, sebuah raksasa animasi di Amerika Serikat sejak tahun 1930-an hingga tahun 2003 telah memperoleh royalti dari berbagai film yang dihasilkan dan merchandise yang dijual lebih dari 59 Bilion USD atau setara dengan 590 triliun rupiah diseluruh dunia, dimana 360 triliun rupiah dari pendapatan melalui royalti film animasi dan karakter yang digunakan serta 230 triliun rupiah dari penjualan merchandise.

Film-film box office yang menggunakan teknologi animasi baik 2D maupun 3D masuk dalam peringkat200px-Titanic_poster.jpg teratas sebagai film box office sepanjang masa, seperti film Titanic tahun 1997 berhasil memperoleh pendapatan secara world wide sebesar 18 triliun rupiah dan merupakan pendapatan terbesar sepanjang sejarah perfilman di amerika dan dunia. Titanic merupakan film yang fiksi yang menggabungkan antara animasi dengan real movie. Film-film sejenis ini banyak bermunculan dan menjadi sebuah fenomena tersendiri, sebut saja seperti film SPIDERMAN tahun 2002 yang mampu meraup lebih dari 4 Triliun rupiah bahkan mampu meraup 1,14 Triliun ketika pemutaran film perdana di seluruh dunia, FANTASTIC FOUR pada pertengahan tahun 2005 mampu meraup pendapatan lebih dari 1,48 Triliun, dan masih banyak lagi film-film yang memiliki pendapatan fantastis.

Dari sisi produsen, studio-studio penghasil film-film animasi juga mendapatkan omset yang sangat besar, sebut saja SONY Entertainment pada tahun 2005, mampu membukukan pendapatan sebesar 13,5 Triliun Rupiah lebih, Warner Bross sebesar 12,2 Triliun dan BUENA VISTA sebesar 11,7 Triliun Rupiah pada tahun buku yang sama. Secara keseluruhan (Overall) studio besar di dominasi oleh 10 studio di Amerika serikat pada tahun 2003 mampu membukukan omset sebesar 91,9 Triliun rupiah dan naik pada tahun 2004 sebesar 94,2 Triliun Rupiah, termasuk didalamnya seperti Universal Studio, 20th Century fox, Paramount picture dan lain sebagainya.

Dari paparan data-data diatas perlu kiranya suatu kajian yang komprehensif bagaimana industri animasi mampu memberikan pendapatan bagi negara, bagaimana sebuah industri animasi menjadi industri dinegerinya sendiri dan bagaimana industri animasi dapat membuka lapangan pekerjaan yang sedemikian besar sehingga mengurangi angka kemiskinan yang saat ini begitu tinggi di negeri ini.

Semoga tulisan ini mampu memberikan pencerahan bagi rekan-rekan yang tengah bergelut di bidang animasi dan memiliki visi untuk mengembangkannya lebih besar lagi sehingga mampu bersaing di pasar global.

Tidak ada komentar:

 

blogger templates | Make Money Online