Jumat, 21 September 2007

sistem informasi managemen rumah sakit



Memberikan nilai bagi Perumah Sakitan Indonesia dalam Penerapan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi dalam dunia maya untuk dunia usaha mengalami perubahan yang cepat. Melihat perkembangan teknologi informasi yang tidak dapat dibendung dan melanda setiap aspek kehidupan manusia di tambah lagi dengan era persaingan pasar bebas maka diperlukan persatuan dan kebersamaan antar komunitas untuk dapat bersaing dan unggul dalam memberikan pelayanan.

Persaingan bisnis yang semakin komplek memacu setiap perusahaan untuk dapat mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan menciptakan inovasi-inovasi produk baru yang sesuai dengan keinginan pasar. Sistem pemasaran manual dan konvensional dirasakan sudah tidak effektif lagi untuk dapat mengembangkan pasar karena memiliki keterbatasan dalam ruang dan waktu serta membutuhkan biaya yang tinggi dengan cakupan penetrasi pasar yang terbatas secara teritorial.

Kehadiran teknologi internet menawarkan kemudahan bagi perusahaan dalam mengembangkan pasar dan memperkenalkan produk kepada masyarkat. Teknologi lnternet menciptakan dunia maya tanpa batas territorial, ruang, dan waktu. Kejelian perusahaan untuk memanfaatkan dunia maya sebagai sistem pemasaran modern mendapat respon positif dari masyarakat terlihat dari perkembangan pengguna internet yang terus bertambah dari waktu ke waktu. Keberhasilan dalam memenangkan persaingan di pasar tergantung dari strategi pemasaran, informasi yang diberikan, dan sosialisasi kepada masyarakat.

Pusat Data dan Informasi PERSI hadir untuk berperan aktif dalam membantu penerapan teknologi informasi bagi anggotanya. PDPERSI adalah suatu sistem yang dikembangkan oleh PERSI sebagai induk organisasi untuk perumah sakitan di Indonesia dalam bentuk solusi teknologi informasi yang bertujuan untuk membantu dan memberikan kemudahan kepada komunitas anggota industri Rumah sakit dalam pemanfaatan teknologi informasi .

Solusi teknologi informasi yang diberikan PDPERSI bagi para anggotanya adalah SBB:

  1. Menyediakan berbagai layanan Publikasi yang dapat di manfaatkan oleh anggota
  2. Menyediakan layanan dalam bentuk pembuatan website/homepage rumah sakit anggota yang meliputi:
    1. Pembuatan design website
    2. Pembuatan domain
    3. Web hosting.
  3. Menyediakan pelatihan teknologi informasi yang dirancang untuk kebutuhan komunitas anggota rumah sakit seperti pelatihan untuk pemasangan jaringan (LAN) rumah sakit, pelatihan untuk mengoperasikan software office, internet, pelatihan untuk penggunaan Linux dan windows, manajemen keamanan data dan pelatihan untuk manejemen TI dan SDM.
  4. Menyediakan Sistem Informasi Manajemen untuk Rumah Sakit (SIM RS) terpadu (integrated) dengan menggunakan teknologi tepat guna yang sesuai dengan kebutuhan rumah sakit. Terdiri dari 5 modul utama yaitu:
    1. Modul Pendaftaran (Registrasi)
    2. Modul Rekam medik (Medical Record)
    3. Modul Inventory (Pharmacy)
    4. Modul Keuangan dan akuntansi (Finance – Accounting)
    5. Modul utility ( admin)


    Sistem Informasi manajemen ini juga bisa kembangkan untuk kebutuhan klinik, puskesmas, dan praktek dokter.

    Selain SIM RS, PDPERSI telah mengembangkan SIM untuk koperasi RS yang membantu manajemen koperasi dalam manajemen anggota, simpan pinjam, kredit, transaksi retail, sampai kepada perhitungan Sisa Hasil Usaha (SHU) secara cepat, mudah, dan akurat.

Tidak ada komentar:

 

blogger templates | Make Money Online